Kamis, 25 Juli 2013

STBA Bina Dinamika

Pendahuluan

Bahwa tatanan kehidupan dan masa depan Indonesia yang cerdas, makmur dan berkeadilan oleh kemampuan bangsa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , ketinggian komitmen akan kaidah moral dan budi pekerti, serta kemampuan membangun perkembangan sosial sebagai pengamatan nilai-nilai luhur Pancasila atas dasar kecintaan terhadap Tanah Air.
Bahwa STBA Bina Dinamika, merupakan lembaga pendidikan tinggi yang selalu berperan aktif mengukir sejarah perjuangan bangsa, mengabdikan dirinya bagi kepentingan pembangunan tanah air melalui darma pendidikan untuk membangun manusia sebagai pribadi, warga masyarakat warga bangsa, warga negara maupun warga masyarakat dunia serta melaksanakan darma penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Bahwa STBA Bina Dinamika belajar, merupakan salah satu bagian dari sistem pendidikan tinggi lokal, nasional maupun internasional yang perlu terus menerus diusahakan agar menjadi salah satu pusat keunggulan akademik, penggerak medernisasi dan pembaharuan, serta mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan visi, misi dan fungsinya nagi terlaksananya upaya mencerdaskan kehidupan pribadi, dan masyarakat dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas, damai, adil dan makmur dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahwa Visi, dan Misi STBA Bina Dinamika sebagai Sekolah Tinggi yang berkembang sesuai dengan latar belakang sejarahnya, adalah menghasilkan tenaga kependidikan yang bermutu tinggi untuk memenuhi kebutuhan sistem pendidikan nasional, mengembangkan ilmu pendidikan serta menghasilkan tenaga non-pendidikan dan mengembangkan ilmu non-pendidikan yang relevan. Lembaga ini dikembangkan dengan semangat kewirausahaan sebagai Sekolah Tinggi yang religius, modern, efisien dan mampu bersaing dan bekerjasama dalam tatanan global.
Bahwa STBA Bina Dinamika teguh bertekad untuk selalu mampu menjaga keberadaannya dan berkembang secara berkesinambungan dalam proses keseimbangan yang dinamik, kreatif, inovatif dan futuristik, sehingga mampu malakukan upaya untuk memperbaharui diri dan lingkungannya serta secara konsisten dan terus-menerus berorientasi kepada peningkatan mutu dalam konteks kesejagadan yang amat dinamik. Kemudian daripada itu, sebagai pedoman dasar penyelenggaraan dan pembinaannya, maka disusun dan ditetapkanlah STATUTA STBA Bina Dinamika.

Sejarah STBA Bina Dinamika

Sejarah Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Dinamika didirikan oleh Yayasan Bina Dinamika yang ditetapkan di Pengadilan Negeri Cianjur Nomor WB.DI-PK-TH.07.01.55/2003 pada tanggal 23 Juni 2003 dengan akte notaris Nani Kurniasih, S.H.
Pada tahun 2004 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor : 111/D/O/2004 tanggal 09 Agustus 2004, STBA Bina Dinamika memperoleh status terdaftar pada 3 (tiga) program studi yaitu:
  • Program studi Sastra Inggris untuk jenjang Strata Satu (S1).
  • Program studi Sastra Arab untuk jenjang Strata Satu (S1).
  • Program studi Bahasa Jerman untuk jenjang Diploma tiga (D3).
Kegiatan pendidikan STBA Bina Dinamika diselenggarakan berdasarkan Satuan Kredit Semester (SKS), yaitu sistem pendidikan yang memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang bersifat fleksibel dan bervariasi. Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan SKS dan menjamin mahasiswa yang rajin akan lulus tepat pada waktunya.

Visi & Misi  

Visi
  1. Menjadikan STBA Bina Dinamika sebagai institusi terdepan dalam penyelenggaraan di bidang bahasa
  2. Menjadikan STBA Bina Dinamika sebagai institusi unggulan dalam menghasilkan sarjana bahasa asing
  3. Menjadikan STBA Bina Dinamika sebagai institusi yang memiliki keunggulan kompetitif dan mandiri
Misi
  1. Meningkatkan kemampuan dan mutu penyelenggaraan bahasa di STBA Bina Dinamika
  2. Menyiapkan, membentuk dan menghasilkan sarjana bahasa asing
  3. meningkatkan profesionalisme sumber daya institusi
  4. Meningkatkan jumlah dan mutu sarana dan prasarana pendidikan sesuai kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Memperoleh calon mahasiswa yang potensial
  6. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan
Tujuan
  1. Menyiapkan lulusan yang dapat mengimplementasikan keahliannya dalam bidang Sastra Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Jerman serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat  yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang Bahasa Asing
  3. Memiliki kompetensi akademik untuk melajutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  4. Mampu mengaktualisasikan potensi diri dalam belajar dan berkarya.
Visi, Misi dan Tujuan ini menggambarkan secara jelas kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan STBA BINA DINAMIKA, yaitu individu yang siap menghadapi persaingan global, mempunyai sifat inovatif dan kreatif serta menjunjung tinggi nilai moral dan etika sehingga Seluruh proses yang dilakukan senantiasa berlandaskan pada upaya pencapaian kompetensi tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar